Tuesday, April 17, 2012

Ngajar apa saya semester ini?


Semester ini saya mengajar Intensive English, Manajemen Organisasi Nirlaba, Teori Administrasi, Dasar Manajemen dan Manajemen Strategi.

Intensive English topiknya tentang TOEFL, listening, reading, vocab, speaking, dan structure (grammar).
Lagi-lagi saya sering bilang di depan kelas, "buat apa kalian belajar bahasa Inggris? Mau jadi TKI/TKW atau buruh pabrik asing? Atau mau jadi partnernya orang asing? Itu minimal. Seharusnya kalian yang jadi bosnya orang asing, karena negeri ini adalah negeri kita. Bukan negeri mereka. Jangan bangga jadi pembantu di negeri sendiri. Mau baca artikel lengkapnya? klik.


Manajemen Organisasi Nirlaba target saya mahasiswa saya bisa membuat dan mamanage organisasi nirlaba pada akhir perkuliahan. Dimulai dari belajar teori dan riil seperti apakah Organisasi Nirlaba itu. Untuk lebih jelasnya klik di sini.


Teori Administrasi ya tentang Administrasi.. Administrasi dan manajemen, Apa bedanya? Nah itu topik yang cukup hangat. MBA (Master of Business Administration) adalah gelar MM (Magister Manajemen) dari luar negeri. Lantas bedanya apa?
Ya, bila merujuk pada pakar-pakar teori.. secara garis besar "Administrasi" terbagi menjadi dua. Administrasi dimaknai sempit dan administrasi dimaknai luas. Administrasi dimaknai sempit misalnya berkutat tentang surat manyurat, arsip, tata letak kantor, bagian mengetik. mengeprint, dsb. Tapi administrasi dimaknai luas maksudnya ya seperti MBA itu. Mereka belajar apa? Mereka belajar tentang manajemen. So, apa beda administrasi dan manajemen? Ya silahkan klik di sini.

Dasar Manajemen, kebetulan saya mengajar pada mahasiswa jurusan komunikasi. Apa saja yang sudah kami pelajari? Klik di sini.

Manajemen Strategi.. nah ini sebenarnya mata kuliah yang saya ampu. Bagaimana proses belajar mengajar semester ini. Klik di sini.

No comments:

Post a Comment