Sunday, April 29, 2012

Teori Administrasi


Apa itu administrasi, sejarah adminstrasi, mengapa perlu administrasi dsb telah saya jelaskan pada pertemuan-pertemuan awal. Selanjutnya yang telah dan sedang kami pelajari adalah:
1. Manajemen Arsip, Belajar mulai dari arsip belum jadi (tahap planning) sampai pemusnahan arsip.
2. Manajemen Rapat Efektif dan Efisien, perlu persiapan dan memperhatikan hal-hal tertentu. Sudah dibahas di kelas.
3. Manajemen Organisasi Perkantoran, belajar tentang siapa saja sih orang-orang di kantor itu dan apa kerjanya? Dan bagaimana mengaturnya? Belajar juga tentang sistem organisasi mulai dari yang level terkecil (dirjen: Direktur Ijen) sampai menjadi sebuah perusahaan multinasional weleh..weleh..

4. Sistem Komunikasi Perkantoran, nah di sini kami juga belajar tentang Knowledge Management.
Kebetulan semester kemarin saya mengajar kelas ini Dasar Komunikasi jadi kami telah banyak belajar dan berlatih tentang ilmu komunikasi dan praktiknya termasuk juga di kantor dan manajemen.
Oya, Knowledge Management ada penugasan individu membuat website/blog. Di antaranya berisi satu hal yang paling bermanfaat bagi mahasiswa secara pribadi. Berarti nanti insyaAllah akan ada jaringan keilmuan. Semoga bermanfaat.
5. Pengawasan dan Pelaporan Administrasi Perkantoran, menyusul.
6. Desain Interior, Eksterior dan lingkungan Tempat Kerja (Pabrik, Kantor, Workshop, Toko, Bengkel, dsb) 
Setelah itu barulah kita menginjak Ilmu administrasi secara luas, yaitu administrasi dipandang sebagai manajemen (baca tulisan saya tentang: Apa yang saya pelajari semester ini)
Semoga bermanfaat.

 





No comments:

Post a Comment